Langsung ke konten utama

10 Prinsip Keuangan Syariah yang Perlu Dipahami oleh Pemula oleh - finansialku.net

Halo sahabat selamat datang di website finansialku.net , pada kesempatan hari ini kita akan membahas seputar 10 Prinsip Keuangan Syariah yang Perlu Dipahami oleh Pemula , kami sudah mempersiapkan artikel tersebut dengan informatif dan akurat, silahkan membaca Lembaga keuangan syariah hadir untuk menjawab kebutuhan masyarakat yang ingin melakukan aktivitas keuangan, terutama, dengan landasan hukum agama Islam. Gagasan untuk mendirikan lembaga keuangan, terutama bank, syariah pertama kali dimunculkan oleh MUI yang kemudian membentuk tim khusus di tahun 1990-an. Saat itulah, bank syariah pertama di Indonesia lahir. Kini sudah ada 14 lembaga keuangan syariah yang beroperasi di Indonesia, menurut data Otoritas Jasa Keuangan. Apa Beda Lembaga Keuangan Syariah dengan yang Konvensional? Paling umum sih, bahwa lembaga keuangan konvensional–dalam hal ini bank ya–menganggap produk-produk keuangan sebagai komoditi yang bisa ditransaksikan. Sedangkan, lembaga keuan

10 Prinsip Keuangan Syariah yang Perlu Dipahami oleh Pemula oleh - finansialku.net

Halo sahabat selamat datang di website finansialku.net, pada kesempatan hari ini kita akan membahas seputar 10 Prinsip Keuangan Syariah yang Perlu Dipahami oleh Pemula, kami sudah mempersiapkan artikel tersebut dengan informatif dan akurat, silahkan membaca

Lembaga keuangan syariah hadir untuk menjawab kebutuhan masyarakat yang ingin melakukan aktivitas keuangan, terutama, dengan landasan hukum agama Islam.

Gagasan untuk mendirikan lembaga keuangan, terutama bank, syariah pertama kali dimunculkan oleh MUI yang kemudian membentuk tim khusus di tahun 1990-an. Saat itulah, bank syariah pertama di Indonesia lahir. Kini sudah ada 14 lembaga keuangan syariah yang beroperasi di Indonesia, menurut data Otoritas Jasa Keuangan.

Apa Beda Lembaga Keuangan Syariah dengan yang Konvensional?

10 Prinsip Keuangan Syariah yang Perlu Dipahami oleh Pemula

Paling umum sih, bahwa lembaga keuangan konvensional–dalam hal ini bank ya–menganggap produk-produk keuangan sebagai komoditi yang bisa ditransaksikan. Sedangkan, lembaga keuangan syariah memiliki prinsip bahwa uang merupakan alat tukar, dan bukan komoditi. Pengembangan uang bukan didasarkan pada bunga, tetapi dengan sistem bagi hasil.

Lembaga keuangan konvensional bisa mendapatkan revenue dari mana saja, tetapi tidak dengan lembaga keuangan syariah yang hanya bisa menghasilkan pendapatan hanya dari produk yang memang sudah sesuai dengan hukum agama Islam, dengan risiko yang akan ditanggung bersama.

Perbedaan antara keduanya juga ada pada kegiatan pengawasannya. Aktivitas yang dilakukan oleh bank konvensional akan diawasi oleh dewan komisaris, sedangkan pengawasan untuk segala aktivitas yang dilakukan oleh bank syariah dilakukan oleh dewan pengawas syariah.

Prinsip Utama Keuangan Syariah

Kenapa Membuat Laporan Arus Kas Pribadi Itu Penting? Ini 5 Alasannya!

Ada 10 prinsip utama yang harus dilaksanakan dalam kegiatan sehari-hari lembaga keuangan syariah. Apa saja?

  1. Mudharabah, yaitu akad antara pemilik modal dan pengelola dananya, yang menyebutkan mengenai pembagian keuntungan yang sesuai dengan kesepakatan. Prinsip ini digunakan dalam produk giro, deposito, dan tabungan.
  2. Musyarakah, yaitu akad kerja sama antara dua atau lebih pemilik modal untuk membangun usaha, yang menyebutkan bahwa keuntungan akan dibagi dan risiko akan ditanggung sesuai porsi masing-masing. Bentuk kontribusi dalam pembangunan usaha ini bisa berupa dana, trading asset, maupun kepemilikan properti.
  3. Wadiah, merupakan amanah titipan modal dari satu pihak kepada pihak kedua, yang harus dijaga keutuhannya.
  4. Murabahah, yaitu akad jual beli yang dilakukan oleh 2 pihak: bank, yang bertindak sebagai penjual, dan nasabah, yang meminta suatu produk kepada bank.
  5. Salam, yaitu transaksi jual dan beli suatu produk dengan harga pokok yang sudah disepakati bersama, di mana pihak bank berlaku sebagai pembeli, dan nasabah sebagai penjual.
  6. Istishna, hampir sama dengan Salam. Perbedaannya pada penyelesaian transaksi yang bisa dilakukan dengan cara dicicil.
  7. Ijarah, yaitu akad sewa menyewa, yang akan memindahkan hak guna suatu produk atau jasa pada orang lain dengan harga yang disepakati, tanpa diikuti dengan pemindahan hak milik.
  8. Qardh, yaitu perjanjian peminjaman dana, dengan tanpa bermaksud mendapatkan keuntungan yang kemudian dapat diminta pengembaliannya dari nasabah, yang dapat dimanfaatkan untuk berbagai kebutuhan mendesak.
  9. Hiwalah, yaitu pengalihan utang kepada pihak lain yang mau bersepakat untuk menanggungnya.
  10. Wakalah, yaitu akad untuk memberikan kuasa dari satu pihak kepada pihak lain, untuk mewakili melakukan segala urusan dengan batasan kewenangan tertentu.
5 Hal tentang Pajak Penghasilan yang Harus Diketahui

Itu dia 10 prinsip utama yang harus dijadikan pedoman oleh lembaga keuangan syariah.

Prinsip utama dari kesemuanya adalah bahwa tidak ada pihak yang diuntungkan sedangkan yang lain dirugikan. Risiko ditanggung bersama, dengan melakukan semua kesepakatan di awal terlebih dahulu, demi tujuan bersama.

Nah, apakah kamu adalah salah satu dari mereka yang ingin beraktivitas keuangan dengan berdasarkan syariah ini? Kalau iya, bagus banget! Itu memang menjadi kewajibanmu sebagai muslim kan? Ada banyak produk keuangan syariah yang sudah bisa kamu manfaatkan loh! Sudah kenal dengan semuanya belum?

Yuk, belajar keuangan syariah, agar kamu bisa semakin banyak memanfaatkan produk-produk keuangan syariah untuk kehidupan yang lebih baik ke depannya.

Yuk, belajar mengelola keuangan dengan lebih baik lagi! Ikuti kelas-kelas finansial online QM Financial, pilih sesuai kebutuhanmu.

Stay tuned di akun Instagram QM Financial untuk berbagai update dan info seputar keuangan, agar kita lebih bijak dalam mengambil keputusan penting untuk hidup kita ke depan.

Itulah tadi informasi mengenai 10 Prinsip Keuangan Syariah yang Perlu Dipahami oleh Pemula dan sekianlah artikel dari kami finansialku.net, sampai jumpa di postingan berikutnya. selamat membaca.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Meminta Keringanan Cicilan Selama Masih Terimbas Pandemi COVID-19 oleh - finansialku.net

Halo sahabat selamat datang di website finansialku.net , pada kesempatan hari ini kita akan membahas seputar Cara Meminta Keringanan Cicilan Selama Masih Terimbas Pandemi COVID-19 oleh - finansialku.net , kami sudah mempersiapkan artikel tersebut dengan informatif dan akurat, silahkan membaca Pemerintah benar-benar sudah bersiap untuk memasuki era tatanan baru, meski pandemi belum dinyatakan berakhir. Sementara, sebagian dari kita masih struggling untuk terbebas dari masalah keuangan. Apakah kamu termasuk dari mereka yang sedang berupaya meminta keringanan cicilan utang lantaran terimbas pandemi ini? Memang di awal pandemi kemarin, pemerintah memberikan stimulus ekonomi berupa keringanan cicilan kredit atau utang bagi kita yang terimbas. Jadi, enggak ada salahnya hal ini dimanfaatkan, kalau kamu mengalami kesulitan keuangan. Ada beberapa hal terkait pengajuan stimulus keringanan cicilan ini yang mesti kamu ketahui terlebih dahulu. Yuk, kita lihat. Cara Mengajukan Keringana

Kenapa Membuat Laporan Arus Kas Pribadi Itu Penting? Ini 5 Alasannya! oleh - finansialku.net

Halo sahabat selamat datang di website finansialku.net , pada kesempatan hari ini kita akan membahas seputar Kenapa Membuat Laporan Arus Kas Pribadi Itu Penting? Ini 5 Alasannya! oleh - finansialku.net , kami sudah mempersiapkan artikel tersebut dengan informatif dan akurat, silahkan membaca Pengin mencapai kebebasan finansial? Pengin mewujudkan keinginan-keinginan dan cita-cita di masa depan? Pengin memperbaiki kualitas hidup? Semua itu ternyata bisa dicapai “hanya” dengan membuat laporan arus kas pribadi loh! Iya, beneran, karena untuk semua yang kamu inginkan untuk hidupmu itu, kamu harus membuat suatu rencana keuangan yang komprehensif. Sedangkan untuk membuat rencana keuangan yang menyeluruh seperti ini, kamu perlu mengetahui bagaimana kondisi pemasukan dan pengeluaranmu. Nah, kebayang kan korelasinya? Posisi arus kas keuangan pribadi kamu memang menjadi fondasi bagi semua rencana dan cita-cita hidup kamu, bahkan sampai jauh ke depan nanti. Ma